Thursday, May 9, 2013

Tips Cara Registrasi Kartu Baru ~ Sim Card Perdana

Cara registrasi ini berlaku untuk kartu perdana Simpati, As, Xl, im3, Axis, 3

  1. Siapkan sim card (kartu perdana), handphone, serta satu kartu identitas Anda seperti KTP atau SIM, dll.
  2. Masukkan sim card sesuai dengan tempatnya didalam hp, kemudian nyalakan hp.
  3. Bila hp dan sim card dalam kondisi baik (tidak rusak), maka pada umum nya disaat hp dalam modus siaga, akan muncul pesan 'selamat datang' yang mengarahkan Anda agar melakukan registrasi sim card.

  4. Registrasi kan sim card agar sim card terdaftar dalam sistem jaringan dan Anda bisa melakukan panggilan dan sms.
  5. Registrasi dapat dilakukan dengan cara mengikuti instruksi yang terdapat dalam pesan 'selamat datang'.
  6. Registrasi juga bisa dilakukan dengan cara sms,

    ketik: DAFTAR

    Kirim ke: 4444

    Setelah sms terkirim, Anda akan mendapat sms balasan yang berisi instruksi untuk registrasi Anda.
  7. Instruksi registrasi kartu perdana juga terdapat dalam menu di dalam hp Anda:

    Menu - icon kartu sim - registrasi atau daftar




Disaat proses pengisian data diri Anda, pada umumnya data yang dimasukkan adalah:
  1. Nama
  2. Nomor identitas (N.I.K)
  3. Jenis kelamin
  4. Alamat
  5. Pekerjaan
  6. Agama
  7. Hoby
  8. Dan data tambahan lain sesuai dengan operator masing-masing kartu

Isi data diri sesuai dengan data yang tertera pada kartu identitas Anda. Ini bertujuan sebagai bukti bahwa Anda adalah pemilik kartu dan juga berguna di saat Anda mengajukan keluhan atau service lainnya kepada operator.

Contoh:

Ketika handphone Anda hilang, berarti kartu yang ada didalamnya juga hilang, benar?

Anda bisa meminta ganti kartu yang hilang dengan kartu yang baru dengan nomor yang sama kepada operator Anda dengan syarat membawa kartu identitas, dan pihak operator akan mengecek informasi pemilik kartu yang hilang didalam data mereka dan mencocokkan nya dengan kartu identitas milik Anda.

Bila data yang Anda masukkan disaat registrasi cocok dengan kartu identitas, Anda akan mendapatkan kartu baru dengan nomor yang sama. Tapi bila tidak, pihak operator mungkin akan meragukan Anda dan tidak akan memberikan ganti kartu.



Jika telah mengikuti proses registrasi, Anda bisa melakukan panggilan suara, dan sms.


Mudah-mudahan Tips cara registrasi kartu baru ~ sim card perdana bisa membantu.

84 comments:

  1. cara registrasi kartu 38/20/13, 10:01 AM

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke MENU
      trus cari simcard (biasanya di paling belakang / bawah)
      lali ikutin panduannya.. hehehhehee

      Delete
  2. cara ngisi tanggal lahir saat aktivasi gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonim, tergantung instruksi format penulisan tanggal yang diberikan operator. Jika format nya DD/MM/YY maka masukkan; dua angka tanggal/dua angka bulan/dua angka tahun. Contoh: 01/10/13 jika formatnya DD-MM-YY silahkan ganti tanda pemisah (/) dengan tanda pemisah (-). Tambahan, DD=day MM=month YY=year. Ikuti secara cermat intruksi yang diberikan oleh operator untuk menghindari kesalahan input.

      Delete
  3. mana wong sms aja ngag bisa kartunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonim, sms kemana yang tidak bisa? :)

      Delete
    2. sama nih baru beli kartu perdana 3, koq ga bisa registrasi ngirim sms ke 4444 ya???

      Delete
    3. sama, ga bisa sms juga, kenapa ya? mohon pencerahan

      Delete
    4. iya sama Indosat Juga Ga Bisa Sms

      Delete
  4. sama..gw tadi bru beli nomor im3 eh gk bisa registrasi..
    biasakan muncul registrasi kalo baru di nyalakan hpny..skrng dah enggak..
    td udah coba ketik DAFTAR kirim ke 4444 jg gk bisa...
    ada yg tau gk knapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andy Cenk....zalik kartuuhu khoto jell...lo tuh masukin bukan kartu im3...yang lo masukin ATM ya?

      Delete
    2. sekarang perdana itu harus di aktifkan oleh penjual gan...ga bisa di aktifkan oleh pengguna sendiri,karna setiap retail itu punya id sendiri

      Delete
  5. gan mau nanya,cara reset data nya gmn,udah d registrasiin,tpi msih gagal,mau daftar ulang bisa g,,,,

    ReplyDelete
  6. reset? Perubahan data mungkin maksudnya ya, untuk fitur tersebut, itu tergantung operator masing-masing, kalau operator menyediakan, berarti data bisa di ubah, coba di cek, di menu khusus untuk sim pada handphone. Bila masih kesulitan, coba hubungi operator, mereka akan senang membantu :)

    ReplyDelete
  7. saya susah banget meregistasi kartu kalw sms sudah bsa datang tpi saya sms tlpn gagal terus gimana tuh caranya

    ReplyDelete
  8. mau reset data simcard keluaran telkomsel, bisa bagi caranya gan? thanks

    ReplyDelete
  9. Aku baru beli perdana 3 dan udah ngirim data registrasi. Tapi waktu hp dinyalain tuh masih terus aja ada tulisan "silahkan lakukan registrasi dengan memberikan data identitas secara benar dan lengkap"
    Terus abis gitu aku coba daftar lagi lewat sms, ternyata ada pesan balasan gini, "Nomor anda tidak memerlukan registrasi." Tapi, tulisan yang di atas tadi itu muncul dan selalu muncul terus. Itu gimana sob ngatasinnya? Repot banget tiap mau sms soalnya tulisan itu muncul terus -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama tuh ayaknya kartu tree nya yang error sekarang.

      Delete
    2. saya juga, memang pelayanan tri kayaknya perlu dipertanyakan?

      Delete
    3. cara menghentikan permintaan registrasi tersebut dengan cara , lepas simcard 3 dari handphone yang ingin anda gunakan ... lalu pasang simcard 3 tersebut di 2 atau 3 handphone yang berbeda, setelah itu pasang kembali ke handphone yang ingin anda gunakan .. maka permintaan registrasi secara otomatis akan berhenti dengan sendirinya ..

      Delete
  10. sob, ane udah registrasi tapi kok cek pulsa ama sms aja gak bisa ya :(

    ReplyDelete
  11. Tapi kalau udah di daftarin ke 4444 trus nggak bisa telpon itu gimana? ini kartu AS

    ReplyDelete
  12. ini saya beli perdana kok gk bisa diregistrasi ya?
    selalu muncul sms seperti ini:

    Lengkapi registrasi Anda dg format sbb:#No ID#Tipe ID#Nama#Tgl Lahir#Kota Lahir#Alamat#

    sudah dikirim sesuai dg format diatas tapi ttep aja minta registrasi trus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sama kaya punya saya, kayaknya ch udah aktif dr outlet nya tapi kita daftar lagi.

      Delete
    2. Sama juga saya juga gitu

      Delete
    3. Sama juga, jadi gimana solusinya? Apa dibuang aja tuh kartunya.

      Delete
  13. coba direstart hp. Kalu belum muncul menu registrasi coba cari di dalam menu simcard. Setelah berhasil registrasi hp biasanya restart sendiri, kalau hp gak bisa restart silahkan dimatikan secara manual trus dinyalain lagi. Biasanya simcard dah bisa dipakai

    ReplyDelete
  14. Punyaku juga sama ky ichimaru padahal Judah berkali Kali restart

    ReplyDelete
  15. Om, Kalo registrasinya pakai modem bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau modemnya support untuk melakukakan sms, ya

      Delete
  16. ini gimana saya beli kartu 3 yang baru, udah registrasi tapi masih ada pesan lengkapi registrasi anda dg format sbb: udah di coba bbrapa kali ttp aja kaya gitu ga bisa cek pulsa sama sms :( tolong bantu yaa gaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama jg...kok masalahnya bisa sama utk registrasi kartu as

      Delete
  17. sama gw dah 3 hari gitu trs,dibohongi x ya?

    ReplyDelete
  18. Cust care 3 kok ga ada no telpon fix nya ya ? Jadi susah mau telpon pake telpon rmh atw kantor. Nomor yg ada selalu minta charge Rp 200 kalo mau ngomong sama operator.

    Yang mau ditanyakan justru nomor yg bermasalah. Jad ga bisa dipake nelpon. Cape deh...

    ReplyDelete
  19. dear momod, kan data kelahiran unt aktivasi pake penghubung "/", tp di hp sy "/" gak aktif, jd gmn crnya aktivasi, invalid input muluk, sms ke 4444 jg gak bs :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama kasusnya kyk ane

      Delete
  20. permisi, mau numpang jualan kartu tri Aon 2Gb, masih segel. Nomornya cakep2 lho, pasti bikin ngiler. Hub : 089.616.666.658.

    ReplyDelete
  21. agan agan semua....
    pengumuman, agan semua itu udah ditipu sama counternya, harusnya perdana 3 yg baru itu diisi pulsa dulu 3 ribu sm counternya cz perdana 3 yg baru itu dalam keadaan kosong. baru setelah itu kartu bisa diaktifkan sebagaimana mestinya.
    harga perdana itu seribu, jadi harusnya masih diisi pulsa dulu 3 ribu dg counternya. jadi harga yg dijual bisa 5 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks petunjuknya, ini baru membantu.

      Delete
    2. ya mngkin gan, pdhal Q bli 10 rb lho krti 3....

      Delete
  22. gan,saya beli kartu perdana simpati
    waktu registrasi awalnya lancar tapi saat masukiin tanggal lahir nggak bisa,udah bener tapi di ok terus balik ke tahap itu lagi..
    mahon bantuannya

    ReplyDelete
  23. Klo sms k 4444 emg gag bisa aku jg udh coba n pas buka" menunya ternyata aku dpt caranya buat ngerset
    carasekedar info yah caranya :
    utk BB
    klik menu setelan
    pilih T-sel menu
    pilih registrasi kartu yg paling atas
    lalu muncul deh pengisiannya, ikuti aja alurnya yah, n jgn lupa cri kode pos daerahnya yh klo umpama gak tau soalnya klo klamaan gak diketik biasanya alurnya hilang sndiri. silahka mencoba. Ikhaa

    ReplyDelete
  24. Kalo saya gan hp saya hilang trus sudah dpt kartu baru dgn nomer sama. Namun ketika sudah di nyalakan hanya bacaan "mohon tunggu" kenapa ya gan? Itu nomer penting bgt makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja ke cabang gan, bilang aja

      Delete
  25. sewaktu di grapari, cek keadaan sim card yang baru tersebut dengan cara menyalakannya dengan handphone yang baru (yang lain), jika terdapat kesalahan pada sistem ataupun pada sim card yang baaru ter sebut, bisa langsung diinfo kan kepada mbak - mbak yang cantik( kalo ga berkumis) yang ada di grapari tersebut sehingga mereka bisa memperbaiki sistemnya (jika kesalahan pada sistem), atau mereka bisa menggantinya dengan kartu yang baru lagi (jika kesalahan pada kartunya). :)

    ReplyDelete
  26. Registasi ane gagal nih gan , caranya Registasi kartu AXIS bagaimana gan ? tolong bantu ! :)

    ReplyDelete
  27. Kalo saya waktu menu awal muncul permintaan registrasi pas hp nyala pertama kali, itu kepencet 'back' atau apa gatau akhirnya menu itu hilang. Pas saya coba klik menu gambar simcard kok tdk muncul apa2. Saya coba sms 4444 balasannya 'nomor anda sdh aktif' tapi dipakai telp/sms tdk bisa. Sedangkan kalo ditelepon padahal bisa. Itu kesalahan apa ya? Trus cara benerinnya gimana? Makasih...

    ReplyDelete
  28. sms aja failed kak, piye? :(

    ReplyDelete
  29. coba daftar balasannya MSISDN...itu apa ya

    ReplyDelete
  30. Perdana triee gak bisa regtrasi.. payahhh.,, susahhh bgt ribetttttt..........Lengkapi registrasi Anda dg format sbb: #No ID#Tipe ID#Nama#Tgl Lahir#Kota Lahir#Alamat#.
    Ketik *111*1# lalu tekan OK/Yes untuk cek pulsa
    Betu mulu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus solusinya gmna it gan?

      Delete
  31. tolong bantu saya, sy abis beli perdana axis yg baru, udah aq registrasi tp kok g bs ya,g ada confirmmasi dr call senter ., di buat cek pulsa, sm tlp,sms tdk bs., mohon bantuannya.,

    ReplyDelete
  32. Replies
    1. pendaftaran dengan menggunakan KARTU IDENTITAS, bisa berupa KTP, SIM, KITAS, dll. Biasanya setiap kartu identitas, memiliki NIK (Nomor Identitas Kartu). coba cek KTP nya, pasti ada NIK nya :)

      Delete
  33. Ane gagal jg. Tp pas pk cara d bwh ini dan kirim ke 4444, alhamdulillah berhasil


    Data tidak lengkap, Silahkan Ketik No. Kartu Tanda Pengenal#Nama lengkap#Alamat lengkap#Tempat lahir#Tanggal lahir (dd/mm/yyyy).Kirim ke 4444.

    Contoh:

    060566456655#Haikal Sulaiman#jakarta#jakarta#28/12/1990

    ReplyDelete
  34. Memakai cara "Jogja Adventure" yg ada di atas ternyata berhasil

    ReplyDelete
  35. Kalo input tanggal lahirnya "Digits (0-9,*,#,+)8" gimana min?

    ReplyDelete
  36. bro , pnyak gue hbis registrasi kok d tulisan kyk gni>>
    invalid MSISDN and subscription not eligible

    ReplyDelete
  37. Gw coba..
    Terimaksih info nya..

    ReplyDelete
  38. Wah, ane jadi lebih paham . sering gonata ganti kartu nih
    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    ReplyDelete
  39. mas saya mau nanya, kok kartu AS saya tidak bisa mengirim SMS tapi untuk Telponan bisa, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  40. gan mohon infonya
    kira" jika menanyakan identitas saat kita registrasi kartu ke greynya langsung bisa tidak ya... jika bisa apa saja ya yg di persiapkan

    ReplyDelete
  41. Informasi biasa tapi bermanfaat bagi orang yang lupa seperti saya. Terima kasih...

    ReplyDelete
  42. sangat bagus sekali postingannya saya suka, mampir ke chord gitar

    ReplyDelete
  43. sesuda regitrasi dia minta kode id POSID KRM KE 1818 apa yg dimaksud kode itu dimana letaknya kode itu

    ReplyDelete
  44. Setelah registrasi, di minta isi kode id POSID, dari mana saya untuk mendapatkan kode 10 digit itu?

    ReplyDelete
  45. Baca disini gan, ini gan link nya...

    ReplyDelete
  46. http://www.jitucell.com/2015/12/cara-cek-id-outlet-operator-telkomsel.html

    ReplyDelete
  47. Home » Tips & Trik » Cara Cek ID Outlet Operator Telkomsel
    TIPS & TRIK
    Cara Cek ID Outlet Operator Telkomsel

    Cara Cek ID Outlet Operator Telkomsel - Pada postingan sebelumnya saya telah posting tentang bagaimana cara registrasi kartu perdana menggunakan ID Outlet. Anda sudah baca? kalau belum anda bisa baca disini. Postingan tersebut saya maksudkan untuk menjawab beberapa pertanyaan dari teman-teman saya tentang kartu perdana barunya yang baru dibeli namun tidak bisa digunakan.

    Anda mungkin juga bagian dari teman-teman saya jika anda membeli kartu perdana baru-baru ini. Anda bingung tentang isi sms notifikasi dari telkomsel tentang registrasi Outlet ID. Saya pun sebelumnya sempat bingung, namun segera teratasi setelah saya menghubungi sales perdana Telkomsel yang ada di wilayah saya.


    telkomsel id outlet


    Itu cerita saya, bagaimana cerita anda, hehe. Oke, man-teman. Sesuai dengan judul postingan saya, saya ingin berbagi kisah tentang cara cek nomor Outlet ID. Nomor Outlet ID ini sangat penting, bahkan bisa saya katakan wajib ada agar kartu perdana dapat berfungsi sebagaimana biasanya.

    Untuk ngecek nomor Outlet ID mudah saja sebenarnya, anda para outlet yang jual kartu perdana diwajibkan punya Kartu yang teregestrasi dengan MKIOS (khusus Telkomsel). Anda tau MKIOS? Iya benar, kartu yang anda gunakan untuk transaksi pulsa telkomsel. Cara ceknya: Anda tinggal akses aja di *181#, kemudian akan tampil beberapa perintah, anda lihat saja perintah di nomor 5 Cek ID POS, setelah itu anda akan menerima sms konfirmasi yang berisi Nomor Outlet ID Anda. Kira-kira begini notifikasinya " JITU CELL outlet ID kartu perdana anda BLA BLA"

    Sedikit catatan: Ada juga kartu MKIOS yang belum bisa digunakan untuk melihat nomor Outlet ID. Jika ini yang jadi masalah, anda hanya perlu menghubungi SALES Telkomsel di wilayah anda saja, atau bisa langsung ke Grapari terdekat untuk info selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya idpost gk ke kirim ke 1818 pak

      Delete
  48. knpa kartunya gk bisa buat nelfon bang

    ReplyDelete
  49. min kok saya mau registrasi gagal terus sih?

    ReplyDelete
  50. cara menmiliki ID Outlet gmn pak utk para penjual kartu?

    ReplyDelete
  51. Minta nomwr id outlet nya pak dimana bapak beli kartu perdana,, id outlet tri untuk pengaktifkan kartu perdana tri,minta id outlet indosat untuk pengaktifan kartu perdana indosat,minta id outlet telkomsel untuk pengaktifan kartu perdana telkomsel,minta nya ditempat bapak membeli masing kartu perdana tsbt. Kalau tempat membeli perdana tsbt pada 1 distributor, saran saya minta saja id outlet untuk semua operator selular pada distributor tsbt dikarenakan semua perdana all operator kita mendapatkan dari 1 distributor tsb.jangan khawatir pasti dikasih note' 1 operator selular 1 id outlet yg harus kita minta dRiagen atau distributor tsb.

    ReplyDelete
  52. Ada yg bisa bantu saya?
    Karna sekarang menggunakan outlet id kartu saya belum aktif padahal sudah menggunakan 2kode outlet id konter temen tapi tidak terkirim ke 1818

    ReplyDelete
  53. Coba diulang registrasi lg mas melalui mebu teljomsel menu,,disitu afa pilihan registrasi kartu atau perubahan data..silahkan dikuti mas langkah2nya kemudian kalau sdh selesai baru masukan outlet id yg sdh dimiliki tsb,,kalau gagal jg coba kontak operatornya di 133/155 melalui kartu telkomsel,,di tunggu feedbacknya.

    ReplyDelete